Sabtu, 19 April 2008

Akar Muslim di Tanah Inggris

Ketertarikan yang tumbuh terhadap keyakinan Muslim adalah sedemikian besarnya sehingga sejumlah warga Inggris ternama beralih keyakinan ke Islam.



Penemuan arkeologis menyatakan bahwa sejarah Muslim di Inggris telah berusia lebih dari 1.000 tahun.


Penemuan bros dari abad kesembilan berukiran Basmalah, sebuah tulisan Islam yang berarti ’dengan nama Allah – yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang’, di Irlandia Tenggara dan pada mata uang logam dari abad ke delapan di masa kekuasaan Raja Offa yang berukirkan pernyataan keyakinan kaum muslim, memberikan kilasan akan sejarah yang baru sedikit diketahui ini.

Namun, baru pada awal abad ke delapan belas-lah kelompok Muslim besar pertama tiba di Inggris dari India. Selama 200 tahun selanjutnya, perdagangan dan perniagaan meningkatkan kontak antara negara Inggris dan negara-negara Muslim, khususnya saat kapal dagang Inggris mulai merekrut awak kapal asing. Pada tahun 1842, sekitar 3.000 awak kapal Muslim – dikenal sebagai ’laskar’ – mengunjungi Inggris setiap tahun.

Images_4

Beberapa dari mereka menikah dan menetap di kota-kota seperti Cardiff, Liverpool, Glasgow dan London. Ketertarikan yang meningkat terhadap keyakinan Muslim sedemikian besarnya sehingga sejumlah warga Inggris ternama beralih keyakinan ke Islam. Di antaranya adalah Lord Headley, keturunan Baron of Headley kelima dan seorang insinyur sipil ternama yang membangun jalan antara Baramula dan srinagar di provinsi pegunungan Kashmir; William Quilliam, seorang pengacara dan penyair yang mendirikan masjid pertama Inggris; dan novelis dan penerjemah Qur’an, Muhammad Marmaduke Pickthall. Masjid pertama Inggris dibuka di Woking, Surrey, pada tahun 1889.

Migrasi Muslim berskala besar ke Inggris dimulai pada tahun 1950an. Para imigran – kebanyakan mereka berasal dari Asia Selatan – menjawab tantangan adanya kekurangan pekerja menyusul perang dunia kedua. Mereka kebanyakan menetap di daerah dalam kota London, kota-kota Industri Midlands dan kota-kota tekstil Lancashire, Yorkshire dan Strathclyde.


Berdasarkan sensus tahun 2001, terdapat sekitar 1,6 juta Muslim di Inggris, dimana 50% diantaranya lahir di Inggris.


Saat ini, orang-orang Muslim yang tinggal di Inggris berasal dari latar belakang nasional dan budaya yang luas.

Images_5 Populasi tersebut meliputi jumlah yang cukup banyak dari warga Inggris dan Eropa yang beralih keyakinan ke Islam. Terdapat masyarakat Muslim di Seluruh Inggris, walaupum mereka terkonsentrasi di London, Manchester, Birmingham dan Bradford.


Tidak ada komentar: